Home > Humaniora > Pastor Purwanta MSC : Sukacita Berasal dari Iman dan Berbagi

Pastor Purwanta MSC : Sukacita Berasal dari Iman dan Berbagi

This slideshow requires JavaScript.

This slideshow requires JavaScript.

Umat Wilayah Grogol I (Santo Johanes Penginjil) merayakan pesta pelindung wilayah sekaligus Pesta Natal 2010 Wilayah Grogol I, Senin (27/12/10) kemarin, berlangsung di ruangan pertemuan Gereja Stasi Santo Polikarpus Grogol baru, yang sudah 80 persen proses pembangunannya.

Pesta pelindung dan pesta natal 2010 itu diawali dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Kepala Paroki Santo Kristoforus Yohanes Purwanta MSC. Dikatakan Pastor  Purwanta MSC, sukacita kita berasal dari iman dan berbagi. “Iman dan berbagi merupakan dua pengalaman kita yang saling melengkapi untuk mendapatkan sukacita harian di mana pun kita berada,” ujar Pastor Purwanta MSC, dalam homili tanpa teks di ruangan pertemuan lantai empat gedung baru Gereja Stasi Santo Polikarpus Grogol.

Pastor Purwanta MSC mengemukakan empat hal mengapa sukacita berasal dari iman dan berbagi dalam konteks keteladanan Santo Johanes Penginjil. Pertama, Santo Johanes Penginjil mewartakan iman akan Bapa, Putera dan Roh Kudus  berdasarkan apa yang diimani, dialami, dirasakan, dan dipikirkannya dalam kebersamaan dengan orang-orang di sekitar kehidupan Yesus. Kedua,  sharing model Santo Johanes Penginjil berisi pertumbuhan dan dinamika iman dalam peristiwa kehidupan di dalam Yesus. Sharing itu bertujuan untuk membantu orang lain untuk percaya kepada Yesus. Ketiga, sharing menunjukkan pewartaan iman merupakan kebenaran kolektif bukan pribadi. Ini merupakan cikal bakal keberadaan hirarki dalam Gereja Katolik. Keempat, persekutuan di lingkungan apapun termasuk di Wilayah Grogol I adalah kesempatan bagi setiap umat untuk menemukan, menghayati, dan menghidupi imannya dengan orang lain.

Acara pesta pelindung dan pesta natal wilayah itu dihadiri juga oleh Wakil Ketua Dewan Paroki Santo Kristoforus Bapak Stefanus Gunadi. ”Kasih dan persaudaraan di dalam lingkungan itu selalu mendorong orang untuk hadir dan berbagi dengan orang lain di dalam lingkungannya hanya kalau setiap anggota lingkungan merasa mereka adalah  anggota keluarga dalam persekutuan di Wilayah Grogol I,” ujar Pak Stef dalam sambutan singkatnya sebelum resepsi bersama. Sedangkan Ketua Wilayah Grogol I Bapak Benedictus Rudy Suryadhi, dalam pembukaan acara, menyampaikan bahwa pesta pelindung dan natal wilayah kali ini merupakan bentuk syukur atas persaudaraan umat wilayah. ”Persaudaraan kami berasal dari sukacita keteladanan Santo Johanes Penginjil dan Iman akan Yesus yang senantiasa hadir di tengah kita,” ujar Pak Rudy, yang menjadi anggota paduan suara wilayah pada saat itu.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Stasi Ibu Martha Goenawan dan Ketua Wilayah Grogol II Bapak Hugo Hadi Pratikno. Para ketua lingkungan dari Wilayah Grogol I yang hadir, yaitu Ketua Lingkungan Susilo Bapak Simon Adiwidjaja Hardja, Ketua Lingkungan Muwardi Bapak Itok Isnaeni, Ketua Lingkungan Rawa Bahagia Ibu Catharina Lenny, dan Ketua Lingkungan Susilo II Ibu Caecilia Diah Resijati. Sedangkan para ketua lingkungan dari Wilayah Grogol II yang hadir antara lain Ketua Lingkungan Makaliwe II Bapak Indro Sutikno, Ketua Lingkungan Makaliwe III Bapak Laurentius Stefano Nugraha, Ketua Lingkungan Nurdin Ibu Fransisca Sri Mulyani. (Lelo Yosep)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: