Home > Humaniora > Raker DPP 2013 : Kunjungan Persaudaraan

Raker DPP 2013 : Kunjungan Persaudaraan

This slideshow requires JavaScript.

Rapat Kerja Dewan Paroki Pleno (DPP) 2013 Santo Kristoforus di Puri Avia, Cipayung (10-11/11) salah satunya memutuskan kunjungan persaudaraan sebagai program unggulan 2013. Program ini sejalan dengan Arah Dasar Pastoral KAJ 2013 : Persaudaraan Sejati.

Kunjungan persaudaraan ini berupa kunjungan Dewan Paroki Harian (DPH) ke pengurus di semua lingkungan dan kunjungan para pengurus lingkungan ke keluarga-keluarga pasif di lingkungannya masing-masing. Kebijakan strategis dari Dewan Paroki (DP) ini bertujuan memberdayakan umat di teritorial. Langkah pastoral ini dipandang lebih efisien dan efektif untuk menyapa keluarga-keluarga itu.

“Saat ini, keputusan mengenai kunjungan persaudaraan itu memang akan menyita waktu anggota DPH sekaligus memberatkan jadual dan aktivitas para pengurus lingkungan.  Kita membuat pilihan ini agar menyentuh setiap keluarga Katolik di Paroki Santo Kristoforus. Nantinya, pada setiap rapat Dewan Paroki Inti (DPI), kita coba mengkaji ulang dampaknya, laporan pengurus lingkungan dan sasaran Ardaspas,” kata Pastor Agustinus Soplanit, MSC selaku perumus.

Spekulasi beredar luas bahwa para pengurus lingkungan kekurangan inisiatif bagaimana mengaktifkan sesamanya agar berpartisipasi dalam aktivitas lingkungan. Kegiatan-kegiatan rutin seperti pendalaman iman, pendalaman kitab suci, latihan koor, dan arisan di lingkungan nampaknya sulit mendongkrak semua keluarga untuk ikut serta dalam persaudaraan komunitas lingkungan. Hal ini terbaca dari prosentase kehadiran warga dalam aktivitas-aktivitas itu, yang berkisar antara 10-20 persen dari total warga lingkungan.

Meskipun demikian, Pastor Agus  menegaskan pengurus lingkungan saat ini tak boleh dipandang belum melayani maksimal.  “Kita tetap menghargai jerih payah dan pelayanan tanpa pamrih para pengurus lingkungan sejauh ini,” katanya.

Indikator keberhasilan program unggulan ini tahun 2013 nanti adalah persentasi kehadiran keluarga-keluarga pada aktivitas lingkungan.

Sedangkan, target pencapaian 2013 adalah kehadiran warga dalam berbagai aktivitas lingkungan rata-rata 30-50 persen. ”Paroki St. Kristoforus memiliki 85 lingkungan. Kalau setiap lingkungan katakanlah mengunjungi 10 keluarga saja, maka tahun  2013 Paroki Santo Kristoforus mengaktifkan 850 keluarga. Jadi, misi kunjungan ke keluarga ini ibarat ”mutiara-mutiara” hilang yang ditemukan kembali,” lanjut Pastor Agus sumringah. (Lelo Yosep)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: