Home > Uncategorized > Agar Keluarga Paroki Santo Kristoforus Tetap ”Bergizi”

Agar Keluarga Paroki Santo Kristoforus Tetap ”Bergizi”

DSC03539DSC_6909DSC_6735DSC_6940DSC03511DSC03552DSC03548Setelah disibukan 2009-2012 dengan pembangunan fisik Gereja Stasi St. Polikarpus dan Kantor Karya Pastoral baru, kini umat Paroki St. Kristoforus sibuk bergerak pada pembangunan rohani melalui Alkitab Tulis Tangan (ATT) Deuterokanonika bertema ”Sabda Hidup dalam Keluarga”, yang peluncuran penulisan perdananya  dilakukakan di Royal Jade, Season City (1/11).

Penulisan perdana merupakan momentum konsolidasi seluruh elemen umat. ”15 penulis perdana merupakan keanekaragaman umat Paroki St. Kristoforus di Keuskupan Agung Jakarta,”  kata Ketua Umum Panitia Alkitab Tulis Tangan Adharta Ongkosaputra.

15  penulis perdana terdiri dari : tiga tamu kehormatan, yaitu Uskup Manado Mgr. Suwatan MSC, Sekretaris Provinsi MSC Indonesia Pastor Johanis Mangkey MSC dan Sekretaris Jenderal Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) Duta Pranawa; dua Pastor Paroki St. Kristoforus, yaitu  Antonius Heru Jati Wahyuno MSC dan Melky Tore MSC;  satu tokoh Paroki St. Kristoforus, yaitu Stefanus Gunadi; empat orang Dewan Paroki Harian (DPH), yaitu Dionisius Beno Yasin,  Bonifasius Goana, Johanes Davis, dan Felicianus Ridwan; empat perwakilan organisasi di KAJ, yaitu Suster Ludo PBHK, Ign. Harry Sandjaja (FMKI), Hidajat Tjokrodjojo (PUKAT KAJ) dan Lucia Soetanto (Sekolah St. Lucia) ; satu pastor tamu dari Sumba, yaitu Efrem Zuba CSsR.

Alkitab Tulis Tangan menjadi kegiatan pertama bagi umat Katolik Indonesia, tapi umat Kristen sudah melakukannya dua kali.  Sedangkan Alkitab Tulis Tangan Deuterokanonika adalah pertama kali untuk Katolik dan Kristen, sehingga kegiatan ini merupakan kegiatan ekumenis bersama lantaran ada kerja sama operasi.  ”Kegiatan Alkitab Tulis Tangan Deuterokanonika kiranya menjadi kesempatan memperluas aktivitas persaudaraan bersama ke depan,” ujar Sekretaris Jenderal LAI Duta Pranowo. ”Aktivitas ATT ini sekaligus akan memberikan wawasan istimewa tentang Kitab Suci kepada semua orang yang terlibat.  Mereka pun akan mendapat semangat terbarukan  untuk penghayatan imannya di tengah masyarakat,” lanjutnya.

Uskup Manado Mgr. Suwatan MSC sungguh gembira dengan aktivitas ATT sebab ini menjadi sarana pewartaan yang efektif agar Kitab Suci sungguh menjadi fondasi dalam kehidupan keluarga kristiani. ”Keterlibatan keluarga dalam penulisan Kitab Suci pasti membawa suka cita dan penyelamatan khusus bagi keluarga itu,” kata Mgr. Suwatan saat memberikan kata sambutan singkat.

Pastor Heru Jati Wahyuno MSC memberikan apresiasi terhadap aktivitas ATT ini karena aktivitas ini berdampak pada kebangkitan hidup menggereja dari umat dan untuk umat.  ”Marilah kita mengajak semua orang di sekitar kita untuk berpartisipasi dalam aktivitas ATT ini sebab melalui ATT ini kita bisa membangun komunikasi iman dan persaudaraan dengan para tetangga dan keluarga di sekitar kita,” kata Ketua Umum Dewan Paroki Pleno (DPP) St. Kristoforus itu bersemangat.

Ketua Umum Adharta Ongkosaputra, saat proses penulisan perdana, memberikan arahan dasar sebagai berikut :  Pertama, kita menulis ayat-ayat Kitab Suci dalam suasana doa, hening dan khidmat. Kedua, penulisan ayat-ayat itu tidak boleh ada kesalahan, sebab kesalahan satu orang bisa merepotkan para penulis ayat-ayat sebelumnya. Ketiga, para penulis hendaknya menghafal ayat-ayat yang ditulisnya sehingga ayat-ayat itu menjadi berkat buat dirinya sendiri, keluarganya dan sahabat-sahabatnya.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh 120 orang dari unsur Dewan Paroki Pleno St. Kristoforus, tim sukarelawan dari LAI dan para undangan lainnya yang berasal dari luar daerah (Adharta/Liana/Lelo Yosep)

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: